Sistema: Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2022): SISTEMA: Jurnal Pendidikan

Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar

Perawati Bte Abustang (Universitas Megarezky’ Indonesia)
Waddi Fatimah (Universitas Megarezky’ Indonesia)
Muh Khaedar (Universitas Megarezky’ Indonesia)
Natalia Rahayaan (Universitas Megarezky’ Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan media visual pada siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb SD Inpreas Bangkala III yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari laki-laki 20 siswa dan perempuan 10 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Hasil data dianalisis secara deskriptif dan inferensial di peroleh nilai rata-rata aktivitas guru adalah 3,3 dengan kategori baik dan aktivitas siswa adalah 3,3 dengan kategori baik. dan hasil data independent sampel test sig (2-tailed), diperoleh nilai variabel X = .000 dan Y = .000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti ada perbedaan dari variabel Y dan X. sehingga H1 bisa diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kreativitas guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan medis visual pada siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sjp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

SISTEMA: Jurnal Pendidikan published by Teacher Training and Education Faculty, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. The research article submitted to this online journal will be double blind peer-reviewed (Both reviewer and author remain anonymous to each other) at least 2 (two) reviewers. The ...