Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 2 (2022): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS VIII SMP SWASTA MELATI BINJAI

Regina Sabariah Sinaga (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Oktovia Upika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih kurang baik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Melati Binjai .Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara Random Sampling dan terpilih kelas VIII-b sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dan VIII-a sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa pretest dan posttest berbentuk uraian. Uji hipotesis yang digunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan uji prasyarat didapat ????0 <???? ???????????????????? maka perhitungan normalitas pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, uji homogenitas didapat????ℎ???????????????????? <???????????????????????? , data pretest yaitu 1,19 < 1,80, data posttest 1,34 < 1,80 maka populasi homogeny, uji keberartian didapat ????ℎ???????????????????? >???????????????????????? yaitu 1,34 > 1,80 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehinggaa ranah koefisien berarti, uji kelinearan apabila ????ℎ???????????????????? >???????????????????????? yaitu 12,12 < 4,15 maka H0 diterima dan Ha ditolak maka linear, dan ????ℎ????????????????�� > ???????????????????????? yaitu 0,52 > 0,34 maka ( r ≠ 0 ) dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan statistika kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...