Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada mata pelajaran IPA terpadu materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu prasiklus, siklus I dan II. Siklus I dan II terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Ranah kognitif menggunakan posttest sedangkan ranah psikomotorik menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA biologi di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Persentase siswa yang tuntas pada Prasiklus I6,1%, Siklus I 86,1%, dan siklus II 88,8%. Aspek psikomotorik siklus I 55,5%, dan siklus II 63,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu berbantuan media gambar SMP Negeri 1 Lewa Tidahu.
Copyrights © 2023