Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makluk hidup dengan lingkungannya. penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Menggunakan pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas VIIa (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan VIIb sebagai (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pandawai, semester genap, T.A 2021/2022. Instrumen penelitian berupa tes tertulis sebanyak 10 soal pretest dan 15 soal postest berbentuk pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t (paired sampel t-test) dan uji N-gain menggunakan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data rata-rata nilai postest kelas eksperimen adalah 67,73 dan kelas kontrol 50,00. Hasil uji hipotesis dengan uji paired sampel t-test diperoleh hasil sig (2-tailed)< 0,05 (0,00<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII.
Copyrights © 2023