Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 10, Nomor 2, Mei 2022

TEACHER’S STRATEGY TO OVERCOME STUDENTS’ DIFFICULTIES IN LEARNING READING AT SMP SATAP NEGERI 4 KULISUSU BARAT

Musfira (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Asti Wahyuni B (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Baharudin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagai mana strategi guru mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca di SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Barat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca di SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Barat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa inggris dan 30 siswa kelas VIII SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Barat. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan tes. Data dianalisis menggunakan tiga langkah yang diadopsi dari Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMP SATAP Negeri 4 Kulisusu Baratmengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca. Terlihat bahwa kesulitan siswa yang dominan adalah dalam membuat inferensi dan menentukan rinci. Presentase siswa yang memperoleh nilai baik dalam membuat inferensi adalah 7%, rendah 13%, dan sangat rendah 80%. Sedangkan dalam menentukan inferensi rinci terdapat 7% siswa yang memperoleh nilai baik, dan 93% siswa mendapatkan nilai sangat rendah. Untuk mengatasi kesulitan siswa, guru menggunakan strategi pelatihan siswa, strategi hubungan tanya jawab (QARS), strategi menghafal, dan metode penugasan menerjemah suatu bacaan berkelompok dalam pembelajaran membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...