ScienceEdu : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 5 No 2 (2022)

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA KELAS VIII SMPK INEMETE NANGAPANDA

Agustina Yunita Seku (Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores)
Aloisius Harso (Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores)
Maimunah H. Daud (Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPK Inemete Nangapanda Kabupaten Ende tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Inemete Nangapanda tahun pelajaran 2020/2021 dan sampel penelitian berjumlah 45 siswa yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dari sampel berupa angket lingkungan belajar dan dokumentasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan kerelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkugan belajar dengan hasil belajar IPA Fisika. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji korelasi product moment yaitu 0,002 < 0,05 atau nilai probability < nilai signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antar variabel lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA Fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Scedu

Publisher

Subject

Education Other

Description

ScienceEdu journal is a journal for all of researches in science education field which is established by Science Education, University of Jember. ScienceEdu will support science education researches that focus on curriculum of science education included its policy and regulation, science teaching ...