JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Azisah, Azisah (Unknown)
Khaeruddin, Khaeruddin (Unknown)
Ristiana, Evi (Unknown)
S, Muhammad Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia pendidikan. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik agar dapat menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil keputusan yang berkualitas. Model pembelajaran inkuiri dianggap dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Desain penelitian kaitannya dengan penelitian Quasi Eksperimental Design ini digunakan dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh murid kelas V SD Inpres Perumnas Antang III yang berjumlah 96 siswa, dengan sampel sebanyak 34 siswa yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen (80,59), dan skor rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas kontrol sebesar (70,00), Sedangkan hasil uji t diperoleh nilai Sig. 0,001 < 0,05, hal tersebut Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...