Abstrak Hampir semua warga di RW 007 Kelurahan Pal Lima beragama Islam, akan tetapi masih banyak anak dan remaja putra putri yang memiliki akhlak yang belum sesuai dengan tuntunan syari’at Islam terutama pada saat melaksanakan sholat berjamaah di musholla. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam khususnya tentang akhlakul karimah anak pada saat pelaksanaan sholat berjamaah di lingkuangan RW 07 kelurahan Paal Lima. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) yang diawali dengan kegiatan ceramah, diskusi dan tanya jawab, pembimbingan dan pelaporan. Hasil yang diperoleh yaitu 1) Kepuasan peserta memperoleh hasil 96, 67 % menjawab sangat setuju/sangat puas, dan 3,33 menjawab setuju/puas terkait pelaksanaan kegiatan PkM. 2) Setelah dilakukan ceramah, akhlak anak dalam sholat berjamaah diperoleh nilai terdapat 73,33% dari anak yang menerapkan akhlak sesuai ketentuan sholat berjamaah, 17,41% Sesuai tapi belum sempurna dengan ketentuan sholat berjamaah dan 9,26% anak masih tidak/belum sesuai ketentuan sholat berjamaah. 3) Setelah dilakukan pendampingan/pembimbingan diperoleh hasil 89,63% dari anak yang menerapkan akhlak sesuai ketentuan sholat berjamaah, 7,41% Sesuai tapi belum sempurna dengan ketentuan sholat berjamaah dan 2,96% anak masih tidak/belum sesuai ketentuan sholat berjamaah. 4) Besaran peningkatan, dari sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan ceramah, diperoleh peningkatan sebesar 11,48%. Besaran peningkatan dari setelah ceramah ke setelah pembimbingan diperoleh peningkatan sebesar 16,30%. Dapat disimpulkan bahwa metode yang tepat dalam rangka membuat anak melaksanakan sholat berjamaah secara tertib adalah dengan menggunakan metode tutor sebaya yaitu dengan melibatkan teman-temannya untuk mengawasi, menghimbau, membimbing dan mengingatkan agar temannya yang lain tertib dalam melakukan sholat berjamaah. Kata Kunci: Pembinaan Akhlak
Copyrights © 2022