Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa

Yuli Srihartati (Unknown)
Husniati (Unknown)
Khairun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan program literasi dasar dengan minat baca siswa kela V di MI riadusshalihin NW Gunung Wakul & MI Nurul Irsyad NW Pesantek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian korelasional (Correlation Studeies). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v di MI riadusshalihin NW Gunung Wakul & MI Nurul Irsyad NW Pesantek. Sampel penelitian ini yaitu seluruh populasi yang berjumlah 30 siswa atau menggunakan studi populasi. Instrumen penelitian berupa kusioner tipe skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program literasi dasar memiliki hubungan yang signifikan dengan minat baca siswa kelas V di MI Riadusshalihin NW Gunung Wakul & MI Nurul Irsyad NW Pesantek. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji product moment dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05. Selain itu program literasi dasar memiliki hubungan yang kuat dengan minat baca siswa ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,774 yang menunjukkan derajat hubungan antara variabel literasi dasar dengan variabel minat baca sebesar 74,7 %. Kemudian program literasi dasar memiliki hubungan yang positif dengan minat minat baca. Artinya semakin baik literasi dasar siswa maka semakin baik pula minat baca yang dimiliki siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...