Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa di SMAN 1 Pangean

Erlisda Wahyuni (Universitas Riau)
Hambali Hambali (Universitas Riau)
Mirza Hardian (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa Di SMAN 1 Pangean. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, analisis data yang dilakukan terhadap sampel penelitian melalui pendekatan statistik. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMAN 1 Pangean kelas 11 yang berjumlah 108 orang dengan sampel sebanyak 84 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang positif antara Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa di SMAN 1 Pangean. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi 25 diketahui regresi linear sederhana yaitu Y=19.059+0,903 X. Koefisien bernilai positif artinya Kompetensi Sosial Guru (X) terhadap Karakter Peduli Sosial Siswa (Y) berpengaruh positif. Pengaruh kompetensi sosial guru (variabel bebas) terhadap karakter peduli sosial siswa (variabel terikat) adalah sebesar 49,6%. Sedangkan 50,4% (100-49,6%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...