Salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil Menangah). Namun sayangnya, saat ini pandemi menjadi salah satu permasalahan terbesar UMKM untuk dapat bertahan. Pandemi COVID-19 merubah seluruh kehidupan manusia, terutama pada aspek ekonomi. Krisis ini menyebabkan pedapatan menurun dan bahkan banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan mereka. Tidak hanya itu, terdapat beragam regulasipemerintahyang mengakibatkan adanya batasan untuk dapat meningkatkan transaksi penjualan produk UMKM. Kegiatan produksi dan operasional yang tidak seimbang menyebabkan usaha mereka merugi. Tentunya dalam hal ini sangat dibutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk dapat tetap terus bertahan. Saat ini UMKM harus melakukan pengembangan usaha, berinovasi dan berjuang ditengah moderenisasi. Pemanfaatan digitalplatform sebagai salah satu mediapromosi dan penjualan produk UMKM ternyata tidak terlalu berpengaruh, dikarenakan menurunnya daya beli konsumen. Diperlukan kerjasama dan dukungan dari terdampak pandemi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021