Jurnal Pariwisata Indonesia
Vol 8 No 1 (2012): Jurnal Pariwisata Indonesia

ANALISIS PERAN KINERJA ROOM ATTENDANT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU DI AGAS INTERNASIONAL HOTEL SURAKARTA

Bagus Teguh Irawan (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2012

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Agas Internasional Hotel Surakarta dengan analisis deskriptif kualitatif ditunjang dengan studi pustaka. Metode atau teknik pengumpulan data, menggunakan populasi dan sampel, teknik pengumpulam data, sumber data, dan teknik analisis data.Berdasarkan variable (X - Y) dan beberapa teori yang digunakan dibuat hipotesis. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kedisiplinan kerja berpengaruh kepada tingkat kepuasan tamu diAgas Internasional Hotel Surakarta. (2) Untuk mengetahui sejauh mana faktor kecepatan kerja berpengaruh pada tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. (3) Untuk mengetahui sejauh mana faktor ketepatan kerja berpengaruh kepada tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. (4) Untuk mengetahui sejauh mana faktor tanggung jawab juga berpengaruh pada tingkat kepuasan tamu di Agas Internasional Hotel Surakarta. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: kinerja room attendant berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu di Housekeeping Departement Agas International Surakarta melalui kedisiplinan kerja, kecepatan kerja, ketepatan kerja dan tanggung jawab. Berdasarkan kuesioner penelitian, sebanyak 38% responden menjawab ya, tentang pengaruh kedisiplinan kerjaterhadap kepuasan tamu. sebanyak 29% responden menjawab ya, tentang pengaruh kecepatan kerja terhadap kepuasan tamu. sebanyak 45% responden menjawab ya, tentang pengaruh ketepatan kerja terhadap kepuasan tamu. sebanyak 33% responden menjawab ya, tentang pengaruh tanggung jawab terhadap kepuasan tamu. Kesimpulan penelitian ini bahwa (1) Kedisiplinan Kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu. (2) Kecepatan kerja berpengaruh terhadap tingkatkepuasan tamu. (3) Ketepatan kerja berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu. (4) tanggung jawab berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in ...