Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya daya serap siswa terhadap pemahaman materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi secara menyenangkan dimanapun dan kapanpun sehingga waktu pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes sebagai metode dan instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa (1) video pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi mata pelajaran sebesar 96,00%, ahli desain pembelajaran sebesar 94,00% dan ahli media pembelajaran sebesar 94,00% serta respon angket peserta didik, yaitu uji coba perorangan sebesar 96,66%, kelompok kecil sebesar 97,14%, dan lapangan sebesar 94,57% (semua hasil validitas produk memiliki taraf sangat baik); (2) produk media video pembelajaran interaktif terbukti efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 37,14 (kurang), dan post-test sebesar 80,51 (baik) dan sesuai perhitungan dengan uji-t diperoleh hasil pada kolom signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa signifikansi kurang dari 0,05 (p<0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PKN siswa kelas 8 SMP N 2 Tabanan tahun ajaran 2021/2022. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran interaktif dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA di kelas.
Copyrights © 2022