Genderang Asa: Journal of Primary Education
Vol. 2 No. 1 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education

Dampak Pemberian Reward Oleh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Kampung Gajah Putih

Rica Mahbengi (Mahasiswa PGMI IAIN Lhokseumawe)
Samsul Bahri (IAIN Lhokseumawe)
Sarah Fazilla (IAIN Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Pemberian reward untuk anak merupakan sikap positif yang ditunjukan oleh oleh orang tua untuk memotivasi dalam proses pembelajaran, motivasi nyang diberikan bukan hanya berupa material tetapi juga non material yang berbentuk reward dan penghargaan terhadap hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, jenis reward yang diberikan kepada anak usia 7-12 tahun, peran orang tua dalam memotivasi belajar anak usia 7-12 tahun, dampak pemberian oleh orang tua terhadap motivasi belajar anak usia 7-12 tahun. Jenis penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang tua yang memiliki anak usia 7-12 tahun di kampung Gajah Putih. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian jenis reward yang diberikan orang tua kepada anak di kampung Gajah Putih berupa reward yang berbentuk pujian dan hadiah untuk meningkatkan semangat belajar anak. Orang tua berperan aktif dalam memotivasi belajar anak dan orang tua merupakan tokoh utama dalam meningkatkan semangat belajar anak salah satu caranya adalah dengan memberikan reward. Dampak pemberian reward oleh orang tua terhadap motivasi belajar anak sangat bagus untuk anak dan orang tua karena masing-masing mendapatkan feedback dari apa yang mereka inginkan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

genderangasa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Genderang Asa: Journal of Primary Education | ISSN 2774-8235 (print) and 2775-8788 (electronic) is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute of Lhokseumawe. This journal is ...