Gunung Djati Conference Series
Vol. 13 (2022): The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE)

Pengaruh Metode Terapi ABA Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Non Verbal Anak Autis

Fadilla Ayuningtyas (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Aam Kurnia (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Ajeng Qisthy Islamadina (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan awal komunikasi anak autis di Yayasan Pusppa Nadine Garut. Dasar pemikiran penelitian, melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi anak autis yang akan berpengaruh pada kemampuan komunikasi non verbal nya. Aspek perkembangan komunikasi non verbal yang akan dikembangkan yaitu kontak mata, mengangguk jika iya, menggeleng jika tidak, menunjuk benda sesuai perintah, melambaikan tangan, kiss bye, tos, ekspresi senyum, ekspresi menangis, ekspresi marah. Hipotesis penelitian adalah Ha: “Terdapat pengaruh penerapan metode terapi ABA dalam meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal anak autis”. Ho: “Tidak terdapat pengaruh penerapan metode terapi ABA dalam meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal anak autis”. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa yayasan Pusppa Nadine Garut sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian unjuk kerja, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang diperoleh sebelum diterapkan terapi ABA (pretess) diperoleh nilai rata-rata sebesar 15,86 dan setelah diterapkan terapi ABA (posttest) sebesar 24,57 menunjukkan perubahan signifikan mengenai kemampuan komunikasi non verbal anak autis antara sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) setelah diterapkan metode terapi ABA. Artinya terbukti bahwa metode terapi ABA berpengaruh dalam meningkatan kemampuan komunikasi non verbal anak autis di Yayasan Pusppa Nadine Garut

Copyrights © 2022