Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Desember 2020)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BERDASARKAN STUDI LITERATUR PENGUASAAN TEORI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA

Hamsyah, Giant Jourdie (Unknown)
Agung, Achmad Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa SMK berdasarkan studi literatur penguasaan teori dasar-dasar elektronika. Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa dasar-dasar elektronika merupakan pelajaran yang mencakup dari semua bidang keahlian kelistrikan untuk segi pembelajaran yang mendasar. Guru memiliki peran penting dalam memberikan inovasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang tepat, karena model pembelajaran yang dilakukan guru akan berpengaruh pada hasil pembelajaran. Hasil belajar merupakan faktor yang penting didalam proses belajar mengajar, karena merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pendidikan. Berbagai penelitian telah dilakukan, dari segala model pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan hasil belajar SMK salah satunya adalah model pembelajaran PBL. Penelitian ini dikaji melalui metode meta analisis dengan mengumpulkan informasi dari beberapa studi literatur penelitian yang sejenis. Hasil analisis studi literatur yang setema dengan penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMK. Hasil belajar dilihat dari nilai posttest yang diperoleh mengalami peningkatan setelah diterapkan model PBL. Nilai posttest yang dihasilkan juga memperlihatkan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan minimum dengan nilai yang diperoleh sudah mencakup KKM yaitu 75. Peningkatan persentase posttest secara signifikan meyakinkan bahwa peserta didik secara rata-rata sudah menguasai teori dasar-dasar elektronika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...