Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2022)

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (STUDI LITERATUR)

Karim, Burhanudin (Unknown)
Kholis, Nur (Unknown)
Munoto, Munoto (Unknown)
Ismayati, Euis (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan guru maupun peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah memunculkan beberapa permasalahan, salah satunya yaitu media pembelajaran yang digunakan harus efektif guna menunjang pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari studi literatur ini yaitu: (1) mengetahui keefektifan google classroom dalam proses pembelajaran jarak jauh; (2) mengetahui keefektifan google classroom apabila digabungkan dengan aplikasi lain dalam proses pembelajaran jarak jauh. Untuk mencapai tujuan dilakukan studi literatur yang diperoleh dari artikel penelitian ilmiah terbaru dengan menggunakan Google Schoolar dengan kata kunci google classroom. Setelah dilakukan identification, screening, dan egibility dari 30 artikel terdapat 7 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil kajian literatur menjelaskan: (1) penggunaan google classroom pada pembelajaran jarak jauh cukup baik dengan presentase keberhasilan di atas 60%; (2) penggunaan media google classroom mendapatkan hasil lebih baik dengan dengan presentase di atas 70% apabila dikolaborasikan dengan pembelajaran tatap muka secara virtual karena beberap fitur dari google classroom belum mampu menutupi kelemahan yang dihadapi selama pembelajaran online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...