Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2022)

KEEFEKTIFAN DAN KEPRAKTISAN MODUL PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK 1 FASA BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK KELAS XI TITL SMK RAJASA SURABAYA

Purnianto, Robi (Unknown)
Haryudo, Subuh Isnur (Unknown)
Joko, Joko (Unknown)
Fransisca, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu modul yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa dengan penggunaan Modul Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik (MPIPL), pada siswa kelas XI SMK Rajasa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, ujicoba produk, analisis dan pelaporan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi modul, lembar soal pilihan ganda 20 soal untuk penilaian hasil belajar kognitif dan angket untuk kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas distribusi Kolmogorov-smirnov, uji paired sample test. Hasil penelitian ini diketahui nilai validasi modul dari ketiga validator sebesar 83,90% yang dikategorikan sangat valid. Hasil pembelajaran mengalami peningkatan yang awal nya dilakukan pretest sebesar 52,50, menjadi 85 pada posttest yang telah dilakukan pembelajaran dengan modul. Selain itu dilakukan uji normalitas soal pretest dengan nilai 1,42 dan posttest 0,59 yang keduanya diatas nilai sig 0,05. Kemudian dilakukan uji homogenitas dengan nilai yang didapatkan sebesar 0,15 > 0,05 (sig) yang kedua soal termasuk dalam kategori homogen. Selanjutnya diketahui nilai uji t sebesar 0,00 dengan keputusan terima H1 yang memastikan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa. Dan nilai kepraktisan yang didapatkan dari respon 3 guru dan 30 siswa dalam kategori sangat baik dengan nilai 89,18% untuk respon guru, dan 84,51% untuk respon siswa. Hasil tersebut menunjukan MPIPL dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...