Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 11 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (Agustus 2022)

META ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

Pratama, Yogi Adi (Unknown)
Munoto, Munoto (Unknown)
Basuki, Ismet (Unknown)
Rijanto, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Model pembelajaran dasarnya adalah suatu pembelajaran yang dijelaskan dari awal hingga akhir dan diberikan secara khusus oleh guru. Dengan arti lain, model pembelajaran merupakan kerangka yang melingkupi pendekatan, penerapan, teknik pembelajaran, dan metode. Model pembelajaran sebaiknya disesuaikan terhadap materi pembelajaran yang disampaikan kepada siswa serta dengan kondisi kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) mengungkap informasi efektivitas model pembelajaran terhadap kompetensi siswa pada pelajaran instalasi penerangan listrik, dan (2) mengungkap informasi mengenai model pembelajaran yang memiliki nilai efektivitas tertinggi dan terendah. Metode yang digunakan adalah meta-analisis unstandardized mean difference independent groups dengan mengambil data dari 10 rujukan artikel model pembelajaran kooperatif berbeda untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan model pembelajaran kooperatif sebesar 13,13 dengan kategori effect size besar. Model pembelajaran kooperatif tipe auditory intelectual repitition memiliki nilai rata-rata effect size paling rendah yaitu 1,00 dengan kategori effect size besar, sedangkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki nilai rata-rata effect size paling tinggi yaitu 44,00 dengan kategori effect size besar, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menunjukkan efektivitas terhadap kompetensi siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...