Riset ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa kelas dua sekolah dasar yang belum terampil membaca awal. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh pendampingan luring terhadap keterampilan membaca awal siswa kelas dua sekolah dasar. Metode riset yang digunakan metode riset kuasi eksperimen. Hasil riset menunjukan bahwa pendampingan luring yang dilakukan guru kelas dua berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca awal siswa sekolah dasar. Pendampingan luring harus terus diberikan pada siswa yang masih belum lancar membaca awal. Pendampingan luring efektif apabila dilakukan secara individu kepada siswa diluar jam sekolah. Keterampilan membaca awal mereka harus terus ditingkatkan sehingga akan berefek kepada hasil belajar literasi dasar lainnya. Periset lainnya bisa melakukan riset tentang efektivitas membaca cepat pada pelaksanaan pendampingan luring agar hasil riset ini bisa lebih komprehensif.
Copyrights © 2023