Riset ini dilatarbelakangi oleh minimnya kerjasama yang dilakukan siswa saat berkelompok dalam pembelajaran. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh pembelajaran kolaborasi terhadap keterampilan menirukan gerak hewan pada siswa SD kelas lima. Metode riset yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan pretes dan postes. Teknik analisis dengan menggunakan uji statistic sederhana. Hasil riset menunjukan bahwa pembelajaran kolaborasi yang dilakukan guru kelas lima berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menirukan gerak hewan pada siswa sekolah dasar saat pembelajaran tematik sains dilakukan. Pembelajaran kolaborasi harus terus dilakukan guru agar keterampilan psikomotorik siswa semakin berkembang. Pembelajaran kolaborasi merupakan pembelajaran masa kini dan masa depan karena kepandaian seseorang saat ini salah satunya diukur dari kemampuan berkolaborasi atau kerjasama untuk mengerjakan suatu proyek atau bidang tertentu. Pembelajaran kolaborasi menuntut siswa memiliki keterampilan emosi yang baik. Periset berikutnya bisa meriset tentang pentingnya sikap saling menghargai antar teman agar pembelajaran kolaborasi semakin bisa diterapkan pada jenjang berikutnya.
Copyrights © 2023