Jurnal Humaniora Teknologi
Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Humaniora Teknologi

Pembelajaran Berbantuan Game Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Tekad Budiantoro (Politeknik Negeri Tanah Laut)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pembelajaran berbantuan game untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah subyek penelitian adalah 25 orang mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest tentang gerbang logika. Data pretest dan posttest diuji normalitas kemudian di uji N-gain. Hasil uji N-gain diperoleh nilai 0,702. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran berbantuan game untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Indonesia berkategori tinggi. Dengan demikian, Pembelajaran berbantuan game efektif diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jht

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Humaniora Teknologi (JHT) diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Tanah Laut dalam dua kali setahun dengan No. ISSN Online : 2614-3682 dan ISSN Print : 2443-1842. Jurnal Humaniora Teknologi (JHT) merupakan jurnal ilmiah dalam bidang humaniora ...