Penggemar drama Korea kebanyakan adalah mahasiswa. Menonton drama Korea juga berdampak pada sikap dan perilaku mahasiswa salah satunya berdampak pada penyesuaian diri mahasiswa di kampus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri siswa yang gemar menonton drama Korea ditinjau dari kematangan emosi, kematangan intelektual, kematangan sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 102 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data interval yang diperoleh dari responden dengan mengisi instrumen skala penyesuaian diri. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyesuaian siswa yang gemar menonton drama Korea terdapat 3 (tiga) aspek penyesuaian pada kategori sedang yaitu kematangan emosi, kematangan intelektual, dan tanggung jawab, kemudian 1 (satu) aspek penyesuaian pada kategori rendah. kategori, yaitu aspek kematangan sosial. Oleh karena itu, mahasiswa yang memiliki kematangan sosial kategori rendah perlu diberikan perlakuan untuk meningkatkan kematangan hubungan sosial di kampus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023