Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan penalaran matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 6 artikel yang dikaji setelah melalui tahap inklusi dan uji kualitas. Beberapa kriteria inklusi yang ditetapkan yaitu artikel dipublikasi pada rentang tahun 2015-2022, penelitian dilakukan di Indonesia dan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta populasi penelitian dapat berasal dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, model PBL, PjBL maupun karakteristik budaya lokal dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEM. Adapun untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis, guru dapat mengimplementasikan model ICARE dengan pendekatan STEM. Hasil kajian literatur yang telah dilakukan menunjukkan bahwa implementasi STEM efektif atau berperan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan penalaran matematis
Copyrights © 2023