Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur yang membangun seperti tema, penokohan, dan latar pada film 5 cm, mendeskripsikan perjuangan hidup tokoh utama dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra dalam film 5 cm, dan mendeskripsikan relevansi film 5 cm sebagai bahan ajar di SMA. Manfaat dari penelitian ini ialah dapat mengembangkan pengalaman dan wawasan dalam meneliti suatu karya sastra baik itu novel, cerpen, ataupun film dan bagi para calon guru serta guru dapat menyesuaikan dan merelevansikan karya sastra dengan pembelajaran di sekolah, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari beberapa artikel jurnal yang terkait dengan film 5 Cm, teori psikologi sastra, dan bahan ajar. Data dalam penelitian ini berupa berupa cerita film 5 Cm. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dengan teknik simak dan catat. Langkah-langkah penelitian ini meliputi mencari referensi artikel jurnal, menyimak film, pencatatan data, dan evaluasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) film 5 cm memiliki struktur yang membangun seperti tema, penokohan, dan latar, (2) perjuangan hidup tokoh utama dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra menurut Freud terbagi menjadi tiga aspek yaitu aspek id, ego, dan superego, dan (3) film 5 Cm dapat direlevansikan sebagai bahan ajar di SMA.
Copyrights © 2023