E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 14, No 1 (2023): E-DIMAS

Edukasi Sejarah Publik Melalui Media Sosial pada Era 4.0 bagi Siswa SMA di Yogyakarta

Hendra Kurniawan (Universitas Sanata Dharma)
Christophorus Putro Damaringtyas (Universitas Sanata Dharma)
Lucius Pravasta Alver Leryan (Universitas Sanata Dharma)
Maria Nikkita Mega Melati (Universitas Sanata Dharma)
Agustinus Christian Nugraha (Universitas Sanata Dharma)
Nicholas Adven Christiyanto (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan edukasi dan pendampingan agar tidak terjadi kesesatan sejarah berupa pemanfaatan informasi yang tidak sesuai fakta sejarah, sarat hoax, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, program edukasi sejarah publik penting diberikan pada siswa SMA di Yogyakarta. Tujuannya mengenalkan sejarah publik dalam platform digital di media sosial dan membantu siswa dalam memanfaatkannya secara kritis, literat, dan bermakna dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Untuk menumbuhkan kreativitas siswa juga dikenalkan keterampilan membuat konten digital sejarah yang dapat dipublikasikan di media sosial Instagram. Hasilnya para siswa sangat antusias terlibat dalam program penyuluhan ini. Para siswa mengaku bertambah wawasan dan pengetahuannya seputar Sejarah Publik di media sosial yang diwujudkan dalam rencana tindak lanjut dengan dibentuknya Komunitas Digital Pendidikan Sejarah Publik dalam platform Instagram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...