Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan
Vol 7, No 2 (2023): Vol 7 No.2 Maret 2023

Merdeka Belajar Curriculum Development Design K-13 Revision on PAI in Elementary Education

Wulandari, Widya (Unknown)
Wulan Sari, Dwi (Unknown)
Isa Anshori, Muhammad (Unknown)
Nur Baiti Rohmah, Alviani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan desain kurikulum merdeka edisi revisi dari kurikulum 2013 di sekolah dasar, dan menghadapi keterampilan abad ke-21 pada peserta didik. Jenis penelitian library research, yakni melibatkan buku, artikel, jurnal yang berkaitan dengan desain pengembangan kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan data dari Kemendikbudristek menjadi bahan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan kurikulum Merdeka Belajar edisi revisi kurikulum 2013 adanya pengembangan pada peranan peserta didik. Pada kurikulum Merdeka desain pengembangan kurikulum lebih memfokuskan pada peranan peserta didik (learner centered design), sehingga peserta didik mampu belajar dengan sesuai minat, bakat, dan kreativitas. Diharapkan dari pengembangan kurikulum Merdeka ini dapat mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Prinsip kurikulum adalah rancangan, implementasi, dan evaluasi. Guru sebagai peran penting dalam pendidikan, maka diharapkan dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang telah dirancang. Hal ini bertujuan agar materi yang disampaikan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berdaya saing secara global.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmsp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan [p-ISSN 2580-3417 | e-ISSN 2541-4429] was first published in 2016 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published three times a year, March, July, and November. We accept research articles within ...