Guru PAUD memegang peranan penting dalam upaya pembentukan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia. Diperlukan kinerja yang optimal dalam mewujudkannya, yang dibuktikan dengan adanya pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni untuk menyelesaikan berbagai kewajibannya dengan tepat dan cepat, termasuk kemampuan memanfaatkan teknologi. Kenyataan yang terjadi selama ini, masih ada guru PAUD yang mengalami kesulitan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, rencana pembelajaran yang masih dibuat secara manual serta melakukan proses pencatatan penilaian hasil belajar anak yang bertahap mulai dari penilaian harian, mingguan, bulanan, hingga akhirnya masuk ke dalam laporan semester dalam bentuk raport secara manual. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memanfaatkan sistem informasi perangkat pembelajaran dan komunikasi orangtua murid (SIPPKOM) yang di dalamnya tersedia berbagai fitur untuk membuat rencana pembelajaran, serta teknik penilaian berupa ceklist, catatan anekdot, unjuk kerja, dan hasil karya, hingga masuk ke dalam raport. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kinerja guru yang dilihat dari kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran dengan menggunakan SIPPKOM. Metode yang digunakan adalah ceramah, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan diberikan kepada guru-guru Pos PAUD di kelurahan Sukmajaya, Depok sejak bulan Juli hingga September 2022. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kinerja guru PAUD dalam menyusun rencana pembelajaran dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan SIPPKOM.
Copyrights © 2023