Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Instrumen Penilaian Pembelajaran Menulis Menggunakan Jenis Pengembangan Teks Deskripsi

Fidyawati Monoarfa (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran, guru melakukan penilaian yang berkaitan dengan ranah afektif, kognitif, dan psikomotor sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penilaian sebagai salah satu upaya untuk memberikan umpan balik terhadap guru dan peserta didik. Penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus, menggunakan alat ukur maupun teknik yang bervariasi, berbasis kinerja nyata peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis dengan Jenis pengembangan teks deskripsi yang valid reliabel, efektif, dan praktis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data terdiri atas prosedur, (1) teknik analisis uji instrumen, (2) teknik analisis uji keefektifan (3) teknik analisis uji keefektifan, (4) teknik analisis isi perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan yakni (1) instrumen penilaian yang digunakan guru saat ini belum menampakkan penilaian karena rubrik penilaian yang digunakan hanya untuk aspek pengetahuan, (2) desain instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru terdiri atas 4 aspek penting, yakni aspek materi/isi, aspek konstruksi, aspek bahasa, dan aspek tampilan (3) pengembangan instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis dilakukan berdasarkan 4 aspek, menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dan diuji praktisi dan uji ahli tentang produk instrumen penilaian menulis (4) kepraktisan, kemenarikan, dan kekomunikatifan instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis berdasarkan nilai rata-rata ahli dan praktisi termasuk pada kategori baik. Kata Kunci: instrumen penilaian, pembelajaran menulis, Jenis pengembangan teks deskripsi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...