Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Daya Juang Dalam Belajar Siswa Pasca Pandemi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru

Dian Gusti Maulita (Universitas Riau)
Elni Yakub (Universitas Riau)
Siska Mardes (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap daya juang dalam belajar siswa pasca pandemi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 12 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 34 siswa. Tingkat daya juang dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengendalikan diri dalam perkembangan belajar pasca pandemi, siswa mampu beradaptasi dengan suasana dan lingkungan pembelajaran tatap muka disekolah setelah begitu lama melaksanakan proses belajar secara daring dirumah.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data ialah kuisioner daya juang dalam belajar siswa pasca pandemi. Berjumlah 35 item yang disusun oleh peneliti. Kuesioner disusun berdasarkan 5 aspek Adversity Quotient oleh Stoltz, yaitu : (1) Control, (2) Origin, (3) Ownership, (4) Reach, (5) Endurance, selanjutnya menguji daya beda item dan menghasilkan 26 item valid pengukuran reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas 0.842.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat daya juang siswa kelas XII pasca pandemi tergolong kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 26 siswa (76%), dan kategori sedang sebanyak 5 siswa (26%). Siswa memiliki tingkat daya juang yang tinggi dalam merespons kendala atau kesulitan yang mereka hadapi. Namun, dalam kondisi tertentu, siswa masih kurang mampu dalam merespons kesulitan dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...