ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7 No 1 (2023)

ANALISIS METODE SUKU KATA BAGI SISWA SULIT MEMBACA (DISLEKSIA) PADA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Hanny, Lutfiah (Unknown)
Dahlan, Zaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujua untuk mempermudah dalam upaya untuk peningkatan kemampuan membaca pada siswankelas V Sekolah Dasar Mutiara Mencirim dengan menerapkan metode eja pada kegiatan belajar Bahasa Indonesia. Melakukan tes lisan berupa membaca pada siswa yang ada di kelas V  merupakan metode yang dilakukan oleh peneliti dalam mendapatkan sampel dalam kegiatan penelitian biasa disebut dengn metode random sampling. Penelitian ini memakai penelitian tindakan kelas melalui ujian berupa Pre-test dan Post-test. Hasil yang didapatkan dalam kegiatan pengamatan ini yaitu menunjukkan adanya efektivitas yang muncul pada saat menggunakan metode eja dalam upaya untuk menaikkan keahlian dalam membaca para peserta didik pada bidang studi Bahasa Indonesia di kelas V SD Mutiara Sei Mencirim dengan memperlihatkan hasil yang positif. Terdapat nilai yang cukup menonjol yang menunjukkan adanya perbedaan dalam keterampilan membaca sebelum dan setelah digunakannya metode eja melalui perbandingan t yang didapatkan dari kalkulasi (t0 = 13,42) dan besarnya “t” yang terdapat pada tabel nailai t (tt.ts.5% = 2,57 dan tt.ts.1% = 4,03) oleh sebab itu dapat dipahami jika t0 lebih tinggi dari tt,yakni 2,57<11,16>4,03. Dikarenakan t0 lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang di ajukan di awal di tolak, hal ini menunjukkan jika terdapat kontras skor pada kegiatan belajar membaca permulaan sebelum dan setelah digunakannya metode eja yang menjadi akibat terhadap pentingnya atau adanya selisih yang dapat meyakinkan (relevan).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...