Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 4 NOMOR 1 MARET 2023

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

sunarmi ningsih (Universitas Terbuka, Surabaya, Indonesia)
Murtadlo Murtadlo (Universitas Negeri Surabaya)
Muhammad Imam Farisi (Universitas Terbuka Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2023

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilaksanakan di SDN Galengdowo 1 menunjukkan bahwa guru belum optimal dalam memanfaatkan dan mengembangkan media berbasis teknologi untuk layanan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web google sites materi keberagaman budaya negeriku. Model pengembangannya menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validitas medianya diperoleh melalui validasi ahli media, konten, bahasa, dan desain pembelajaran. Tingkat validitas media yang diperoleh melalui validasi ahli media sebesar 93 %, ahli konten sebesar 93,3%, ahli bahasa sebesar 92,8%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 91,6 %, dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan media diperoleh melalui lembar angket untuk siswa dengan hasil 93,96%. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat praktis. Tingkat efektivitas media diperoleh melalui penghitungan hasil belajar siswa yang dihitung menggunakan uji N Gain. Hasil perhitungannya efektivitas penggunaan media pada kelas eksperimen sebesar 81,13% dengan kategori efektif sedangkan pada kelas kontrol sebesar 51,36% dengan kategori kurange fektif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media berbasis web google sites telah valid, praktis, serta efektif untuk digunakan pada pembelajaran mengenal keberagaman budaya di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...