Concept: Journal of Social Humanities and Education
Vol. 2 No. 1 (2023): March : Concept: Journal of Social Humanities and Education

Implementasi Media Edulastic sebagai Instrumen Asesmen dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di SMP Negeri 2 Semarang

Tri Wahyuni (Unknown)
Asep Purwo Yudi Utomo (Unknown)
Indah Fitrianingrum (Unknown)
Hesti Ambarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran merupakan proses membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebuah pembelajaran tentu perlu dilengkapi dengan evaluasi pendidikan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Kini penilaian berbasis teknologi sudah muncul untuk memberikan kemudahan pada pendidik dalam menilai progres belajar. Pendidik dapat memilih salah satu diantara berbagai media untuk mengganti asesmen berbasis kertas yang sebelumnya sering digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti ingin mengkaji lebih lanjut mengenai asesmen berbasis teknologi dalam pembelajaran teks eksplanasi menggunakan media Edulatic. Alasan pemilihan media Edulastic karena penelitian yang berkaitan dengan implementasi media ini masih terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Edulastic dapat digunakan sebagai media untuk menyajikan instrumen asesmen dalam pembelajaran. Edulastic membantu guru mempercepat proses penilaian siswa karena hasil dapat langsung diperoleh saat siswa selesai mengerjakan tes dan mengidentifikasi langsung kesulitan. Hal ini dapat dijadikan dasar untuk menentukan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Concept

Publisher

Subject

Astronomy Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Concept: Journal of Social Humanities and Education E-ISSN: 2963-5527 (Online) / P-ISSN: 2963-5071 (print) published by Yappi Makassar School of Administrative Sciences. Publishing this journal aims to improve the quality of science, as well as channel interest in sharing and disseminating knowledge ...