Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMPN 4 Kota Jambi bahwa komunikasi orang tua dan anak tidak berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap motivasi belajar pada anak disekolah dan dibutuhkannya peran orang tua untuk dapat mendorong motivasi belajar pada anak. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti komunikasi orang tu terhadap motivasi belajar pada anak dan ingin mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar pada anak. Penelitian ini peneliti menggunakan kuantitatif, menggunakan pendekatan expost-facto. yang menjadi anggota populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Jumlah anggota populasi adalah 257 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil daripenelitian ini yakni, Perolehan persentase untuk variabel komunikasi orang tua memperoleh persentase sebesar 62,09%. Yang diartikan bahwa kualitas komunikasi orang tua terhadap siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kategori “Tinggi”.Perolehan persentase untuk variable motivasi belajar memperoleh persenta sesebesar 61,59%. Yang diartikan bahwa kualitas motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kategori “Tinggi”.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023