JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Komunikasi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak di SMP Negeri 4 Kota Jambi

Dwi Djaya Dharmawan (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Nelyahardi Gutji Sutja (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)
Fellicia Ayu Sekonda (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMPN 4 Kota Jambi bahwa komunikasi orang tua dan anak tidak berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap motivasi belajar pada anak disekolah dan dibutuhkannya peran orang tua untuk dapat mendorong motivasi belajar pada anak. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti komunikasi orang tu terhadap motivasi belajar pada anak dan ingin mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh komunikasi orang tua terhadap motivasi belajar pada anak. Penelitian ini peneliti menggunakan kuantitatif, menggunakan pendekatan expost-facto. yang menjadi anggota populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Jumlah anggota populasi adalah 257 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil daripenelitian ini yakni, Perolehan persentase untuk variabel komunikasi orang tua memperoleh persentase sebesar 62,09%. Yang diartikan bahwa kualitas komunikasi orang tua terhadap siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kategori “Tinggi”.Perolehan persentase untuk variable motivasi belajar memperoleh persenta sesebesar 61,59%. Yang diartikan bahwa kualitas motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi berada pada kategori “Tinggi”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...