Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Permainan Rujak-Rujak Sebagai Media Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Bulat

Meishinta, Meishinta (Unknown)
Farisma, Siti (Unknown)
Perdana, Firzandi Putra (Unknown)
Munawwar, Muhammad Zakky (Unknown)
Apriani, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan rujak-rujak dalam konsep perkalian bilangan bulat. Pengembangan permainan disajikan dalam LKPD dan di analisis kelayakannya serta kemenarikannya. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 8 Puding Besar dengan 6 siswa kelas VI sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan metode random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pengisian angket kelayakan media dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase kelayakan sebesar 79,33% dengan kategori layak digunakan dan berdasarkan hasil pengisian angket respon siswa diperoleh presentase kemenarikan sebesar 75% denngan kategori menarik. Kesimpulannya permainan rujak-rujak sebagai media pembelajaran matematika pada materi operasi perkalian bilangan bulat sudah valid dan layak untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...