JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Kompetensi dan Kualifikasi Flight Instructor melalui Jam Terbang terhadap Skill Taruna Penerbang Sayap Tetap Akademi Penerbang Indonesia

Muharomansyah, Roby (Unknown)
Handriyono, Handriyono (Unknown)
Fatimah, Fatia (Unknown)
Bahrawi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Skill Flight Instructor menjadi acuan bagi akademi penerbang di Indonesia sebagai ukuran keberhasilan pada capaian taruna pilot, metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey lapangan dan Teknik pengambilan sampling menggunakan sampel jenuh sebanyak 29 responden, analisis pengujian menggunakan bantuan SPSS 25 dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Kompetensi Flight Instructor terhadap jam terbang secara signifikan sebesar 14.28%. Tidak terdapat pengaruh Kualifikasi Flight Instructor terhadap jam terbang dan tidak signifikan sebesar 21.71%. Sedangkan pengaruh terhadap skill taruna, terdapat pengaruh Kompetensi Flight Instructor terhadap Skill taruna secara signifikan sebesar 17.72%. Terdapat pengaruh Kualifikasi Flight Instructor terhadap Skill taruna secara signifikan sebesar 19.36%. Terdapat pengaruh Kompetensi Flight Instructor melalui Jam terbang Flight Instructor terhadap Skill taruna secara signifikan sebesar 94.09%. Untuk pengaruh tidak langsung terhadap skill taruna, terdapat pengaruh Kompetensi melalui Jam terbang terhadap Skill taruna secara signifikan sebesar 13.39%. Terdapat pengaruh Kualifikasi melalui Jam terbang terhadap Skill taruna secara signifikan sebesar 20.43%. Untuk Pengupayaan seorang ahli dalam bidangnya dapat menggunakan kaidah teori 10.000 jam terbang, kemudian dapat diterapkan sebagai indikator kematangan Flight Instructor dalam skill yang dimiliki di tempat kerja kedepannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...