Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak

Ifam Zakiyyatul Awwaliyah (Universitas PGRI Semarang)
Iin Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Qoriati Mushafanah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada ranah pendidikan. Untuk memenuhi hak peserta didik dalam mendapatkan layanan pendidikan, SD Negeri Karangasem baru pertama kali menerapkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, perubahan pola pembelajaran secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai kendala yang harus dihadapi sehingga guru harus melakukan berbagai upaya agar pembelajaran dapat tetap berlangsung meskipun di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh serta mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri Karangasem Kabupaten Demak dilaksanakan dengan pola daring, luring dan home visit. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 yaitu kembali kepada kebijakan dan kemampuan guru itu sendiri. Hal itu karena sudah menjadi tanggung jawab guru untuk mengelola pembelajaran, termasuk mencari jalan keluar bagi setiap hambatan yang terjadi selama pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...