Wahana Didaktika
Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP/MTs

Tanzimah Tanzimah (Universitas PGRI Palembang)
Lilis Sari Pazona (Universitas PGRI Palembang)
Dina Octaria (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi SPLDV kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan untuk mengetahui keefektifan e-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Objek penelitian ini merupakan kualitas e-modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi SPLDV kelas VIII SMP/MTs yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli media dengan skor rata-rata 3,1; penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 3,2; dan memperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian pendidik dengan skor rata-rata 3,7. E-Modul juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan total skor rata-rata 3,5 dan hasil observasi pembelajaran sebesar 86%; dan e-modul dinyatakan sangat efektif berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 82%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...