JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Metode Role Playing

Arif Fadhilah (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Musnar Indra Daulay (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nurmalina Nurmalina (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada materi Materi Jual Beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Pahlawan dengan subjek penelitian adalah kelas III MI. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pada Pratindakkan hanya mencapai rata-rata 57,96, dari 27 siswa hanya 5 orang yang tuntas atau 18,51%. Pada pelaksanaan siklus I sudah mengalami perubahan berarti, dengan rata-rata 62,04 dari 27 orang siswa 12 orang siswa atau 44,44% yang mencapai ketuntasan secara individual. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus II mengalami kenaikan dengan rata-rata 67,41 dari 27orang sebanyak 22 siswa atau 81,48%. Jadi, pembelajaran dengan menerapkan Metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...