Kondisi pandemi covid-19 memaksa dunia pendidikan harus melakukan inovasi dan tetap melaksanakan proses pembelajaran, diantaranya yaitu dengan melaksanakan Pembelajaran Daring (online). Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis penerapan pembelajaran online di SDIT AL-Istiqomah Kuningan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian yaitu guru kelas, kepala sekolah, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran daring di SDIT Al-Istiqomah telah sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online menggunakan media internet yang bisa diakses di handphone, laptop dengan media komunikasi group WA. Kendala pelaksanaan pembelajaran daring diantaranya kuota internet yang terbatas, lemahnya jaringan internet, tidak semua peserta didik memiliki dan diperbolehkan menggunakan hp android. Solusi yang dilakukan adalah guru membuat video pembelajaran yang menarik, menggunakan model pembelajaran yang beragam, memberikan bahan bacaan pendamping penugasan, melakukan pembelajaran tatap maya dan membangun komunikasi baik dengan orang tua siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023