Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Vol 6 No 2 (2018): Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jilid 1)

STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KARAKTER CINTA TANAH AIR ANAK TUNADAKSA DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT SURABAYA

MUHAMMAD SAID WAFI (Unknown)
I MADE SUWANDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam membina karakter Cinta Tanah Air di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya, Kendala dalam membina dan Solusi mengatasi kendala dalam membina karakter Cinta Tanah Air di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya. Informan penelitian ini ada 19 orang. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang dengan kriteria informan yakni mengetahui, terlibat langsung, dan bersedia. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analasis data dalam penelitian ini dengan cara yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam membina karater cinta tanah air, yaitu : Melalui tahapan proses pembelajaran, memberikan pengertian dan contoh secara langsung, Memperlihatkan secara langsung dan menasehati, memantau dalam keseharian disekolah dan mengingatkan terus menerus, mengajak peserta didik dalam kegiatan rutin yang berhubungan dengan cinta tanah air baik didalam sekolah maupun diluar sekolah. Kendala yang dihadapi berupa masalah kemampuan anak didik baik kemampuan intelektual atau berpikir maupun kemampuan motorik atau fisik. Adapun solusinya, yaitu ; Untuk mengatasi kendala secara fisik, maka dengan pendampingan, Pengulangan materi dan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak didiknya untuk membantu mengatasi kendala kemampuan intelektualnya.Kata Kunci : Strategi Guru, Membina Karakter, Tunadaksa Abstract This research about to describe the strategy of teacher’s in building Special Needs Children’s nationalism at Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) of Surabaya, The obstacles in building and The solutions to overcome the obstacles in building Special Needs Children’s nationalism at Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) of Surabaya. This study uses qualitative research method, specifically descriptive research, this study uses interview, observation, and documentation as data collection techniques. Analyze the data in this research by means of data reduction, data presentation, conclusion and verification data, the validity of data using triangulation of source and triangulation technique. The result of this study shows some strategies used by teachers in building Special Needs Children’s nationalism are: Having some stages of learning process; giving knowledge and examples directly, directly showing and advising, daily monitoring at school and constantly reminding, Inviting learners in daily routine activities related to nationalism both inside and outside of school.The obstacles faced are dealing with students ability, either intellectual ability (thinking) or motoric ability (physical). To overcome those problems, therefore, the solutions are: Assisting students to build their nationalism, Repeating the material using understandable language to ease the students (Special Needs Children).Keywords: Teacher’s Strategy, Building Character, Tunadaksa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-kewarganegaraa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan ...