Kajian Moral dan Kewarganegaraan
Vol 7 No 2 (2019): Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jilid 5)

Pembentukkan Karakter Disiplin Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 4 Sidoarjo

NEDYA AZKIYA ROCHMAH (Unknown)
I MADE SUWANDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2019

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam proses pembentukkan karakter disiplin pada peserta didik berkebutuhan khusus melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 4 Sidoarj; ( 2) Untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam proses pembentukkan karakter disiplin pada peserta didik berkebutuhan khusus melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 4 Sidoarjo; (3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam memecahkan hambatan pada proses pembentukkan karakter disiplin pada peserta didik berkebutuhan khusus melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 4 Sidoarjo. Teori yang digunakan adalah Karakter Thomas Lickona. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian strategi yang digunakan ialah: pendekatan Individu yang dilakukan pada kegiatan PBB, pembentukkan disiplin dengan menggunakan pendekatan kelompok pada kegiatan tali temali, pembentukkan disiplin dengan melakukan pembiasaan melalui upacara Apel dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Kendala yang dialami pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka kurangnya pembina pramuka dan guru pendamping khusus, emosi dan konsentrasi yang dimiliki peserta didik berkebutuhan khusus kurang terkendali pada saat pelaksanaan kegiatan, waktu pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka yang kurang efektif. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka mengulang materi dan praktik peserta didik berkebutuhan khusus, kegiatan pramuka digunakan untuk menarik perhatian Peserta didik berkebutuhan khusus, guru pendamping khusus merangkap pendampingan terhadap peserta didik berkebutuhan khusus. Kata kunci : karakter disiplin, peserta didik berkebutuhan khusus, kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-kewarganegaraa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian di bidang kewarganegaraan, pendidikan, ideologi, politik, sosial, humaniora, nilai, dan ...