JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
Vol 23, No 2 (2023): Maret

OPTIMALISASI USAHA PELAYANAN JASA PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL SEBAGAI BENTUK PEMENUHAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM UPAYA MENAIKKAN INCOME DI PT. MITRA PERSADA SEJATI (MPS SERVICE)

Ali Khamdilah (Politeknik Bumi Akpelni)
Sulida Erliyana (Politeknik Bumi Akpelni)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengembangan yang dilakukan oleh PT.Mitra persada Sejati (MPS Service)yaitu dengan dibukanya  cabang baru yang  berkontribusi pada kepuasan pelanggan untuk menaikan  income yang peroleh. Dengan latar belakang memaksimalkan pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa. Pokok masalah Pembukaan cabang dalam melayani pekerjaan perawatan dan perbaikan pada satu perusahaan pelayaran yang memiliki armada  kapal yang besar terhadap income penyedia pelayanan jasa. Metode pada penelitian ini menggunakan sistem Survey dan observasi lapangan serta wawancara sebagai bagian untuk mengetahui keadaan secara langsung terhadap pembukaan cabang. Untuk menguatkan dari observasi yang dilakukan diperlukan studi kelayakan serta Penggunakan media SWOT Analysis. Kesimpulan yang didapat yaitu Pendirian cabang baru yang berorientasi awal hanya digunakan untuk melayani satu perusahaan yang memiliki jumlah armada kapal yang cukup banyak dengan asumsi awal akan mendatangkan income yang baik bagi perusahan pelayanan jasa ternyata tidak bisa menjamin income yang sesuai dengan alasan bahwa tidak semua kapal tersebut beroperasi permanen ataupun masuk ke daerah pada cabang tersebut  yang berpengaruh  pada kevakuman pekerjaan . perlunya diperhitungkan lokasi atau daerah yang akan digunakan untuk pendirian cabang baru termasuk konsep yang bisa mengakses ke daerah lain dengan jarak tempuh tidak terlalu lama dan terutama daerah tersebut digunakan untuk akses kapal dari perusahaaan pelayaran tersebut. Ketidak seimbangan akan selalu terjadi antara pelayanan tehadap kepuasan pelanggan dengan keuntungan yang didapatkan dari perusahaan penyedia jasa,jika hal tersebut hanya diperuntukan untuk melayani satu pengguna jasa meskipun pengguna jasa tersebut mempunyai prospek kedepan yang cukup baik serta perlu adanya penyesuaian kinerja terhadap pembukaan cabang baru tersebut, dengan tujuan agar pelayanan jasa juga bisa dilakukan seperti melayani perusahaan lain dengan tetap berintegrasi terhadap permintaan dari kantor pusat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSTM

Publisher

Subject

Astronomy Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman, Kepelabuhanan, Ilmu kenautikaan, Teknik Mesin, permesinan kapal. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan ...