Pelayanan prima perlu diwujudkan dalam pelayanan kesehatan. Jika ditinjau darisistem pelayanan kesehatan di Indonesia, maka peranan dan kedudukan Puskesmas adalahsebagai ujung tombak sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Hal ini disebabkan karenaperanan dan kedudukan Puskesmas di Indonesia amat unik, sebagai sarana pelayanankesehatan primer yang bertanggungjawab dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatanmasyarakat sebagai upaya preventif.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei analitik.Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang terdaftar sebagai peserta BPJSdengan jumlah kunjungan pada bulan Mei yaitu sejumlah 1.412 orang. Sampel dalampenelitian ini adalah sebagian dari pasien pasien pengguna BPJS di Puskesmas Layang KotaMakassar tahun 2018. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 94 orang. Penelitian inidiolah menggunakan program Komputerisasi SPSS. Dengan analisis data yang digunakanadalah analisis, univariat, bivariat dan multivariat.Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada hubungan akses dimana nilai p=0,002(p<0,05), ada hubungan kualitas pelayanan dimana nilai p=0,000 (p>0,05), tidak adahubungan pendapatan keluarga dimana nilai p=0,436 (p>0,05), ada hubungan tingkatpendidikan dimana nilai p=0,002 (p<0,05), tidak ada hubungan lahan parkir dimana nilaip=0,872 (p>0,05) terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan peserta BPJS di PuskesmasLayang Kota Makassar.Kesimpulan dari penelitian ini adalah akses, kualitas pelayanan, dan tingkatpendidikan berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan peserta BPJS diPuskesmas Layang Kota Makassar, sedangkan pendapatan keluarga dan lahan parkir tidakberpengaruh. Saran penelitian ini Puskesmas diharapkan lebih meningkatkan kualitaspelayanan Puskesmas Layang Kota Makassar agar dapat menjadi lebih baik lagi bagimasyarakat sekitar.
Copyrights © 2018