Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Vol. 2 No. 2 (Mei) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AS’ADIYAH NO.33 BABU’E KABUPATEN LUWU UTARA

Marhana Marhana (Departemen Sastra Asia Barat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

MARHANA, “Pembelajaran Bahasa Arab di MTs As’adiyah No.33 Babu’e Kabupaten Luwu Utara” dibimbing oleh Muh. Nur Latif dan Supratman. Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Bahasa Arab di MTs As‟adiyah No.33 Babu‟e Kabupaten Luwu Utara, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan di MTs As’adiyah No.33 Babu’e serta efektifitas metode pembelajaran tersebut terhadap tingkat penguasaan bahasa Arab siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis Kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan Siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, adapun metode pembelajaran yang digunakan di MTs As’adiyah No.33 Babu’e adalah Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Terjemah, dan Metode Meniru dan Menghafal. Dari beberapa metode tersebut masih banyak siswa yang kurang senang belajar bahasa Arab karena kurangnya inovasi pembelajaran dari guru, namun kendala yang dihadapi guru tidak sepenuhnya berasal dari guru itu sendiri akan tetapi kurangnya fasilitas yang memadai juga sangat mempengaruhi untuk membentruk metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsbsk

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of Jurnal Sarjana Ilmu Budaya is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: Language Literature Culture ...