KASMAWATI. “Problematika Pembelajaran Muḥādathah di MTs. Miftahul ‘Ulum Datara Kabupaten Gowa” dibimbing oleh A. Abdul Hamzah (Konsultan I) dan Supratman (Konsultan II). Skripsi ini membahas masalah pembelajaran muhādatsah dan problem yang dihadapi guru dan siswa di MTs. Miftahul „Ulum Datara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan mengambil latar MTs. Miftahul „Ulum Datara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket). Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif, dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab di MTs. Miftahul „Ulum Datara menggunakan kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sedangkan materi pelajaran diambil dari buku “Faṣīḥ Bi al-lughah al „Arabiyyah”. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, menulis, praktik, membaca, dan imla‟. Problem yang terjadi di MTs. Miftahul „Ulum Datara terdiri dari beberapa faktor antara lain : faktor siswa yaitu latar belakang pendidikan, motivasi, kurangnya mufraḍat yang diketahui, perhatian siswa dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya adalah faktor guru antara lain, faktor pendidik, yaitu kejelasan dan metode yang digunakan kurang menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, ada faktor materi, faktor waktu, faktor fasilitas, dan faktor sosial atau lingkungan yaitu lingkungan asrama, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Faktor yang terakhir adalah faktor psikologis siswa. Dalam skripsi ini, penulis memberikan gambaran sosulusi untuk mengatasi problem tersebut, kepada beberapa pihak yaitu siswa, guru dan pihak sekolah.
Copyrights © 2022