Jurnal Sarjana Ilmu Budaya
Vol. 2 No. 1 (Januari) (2022): Jurnal Sarjana Ilmu Budaya

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MAKASSAR

Muqayyimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Penerapan pembelajaran bahasa Arab, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, langkah untuk memilih strategi adalah dengan menguasai teknik-teknik penyajian, yang biasa disebut metode pembelajaran. Telah dilakukan penelitian Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar dengan tujuan mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, dan menjelaskan metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar. Penelitian dilaksanakan dengan mengumpulkan data sekunder dan data primer yang menggunakan pendeketan bersifat kualitatif dan dikemukakan secara deskriptif. efektifitas mengajar guru ketika menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas menggunakan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab cukup baik, serta efektifitas belajar murid dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas yang menggunakan metode langsung juga baik. Adapun solusi dari faktor penghambat peserta didik adalah santriwati harus senantiasa menambah perbendaharaan kosa-kata baru setiap hari, baik yang berasal dari kamus, guru maupun pengurus pondok, santriwati mencatat istilah-istilah konteporer (asing) kemudian mencari artinya dalam kamus bahasa Arab atau langsung menanyakan kepada guru bahasa Arab serta menghafalkannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsbsk

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of Jurnal Sarjana Ilmu Budaya is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: Language Literature Culture ...