Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Melalui Pendekatan Hifz al-Mufradāt”. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung melalui pendekatan Hifz al-Mufradāt. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Hifz al-Mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Dalam Kelas (PTK). Dalam penelitian ini, penulis mengolah data dari hasil observasi dan kuesioner dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu dampak dari penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung sangat berpengaruh dan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Nilai persentase tertinggi sebelum penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt di kelas eksperimen adalah 60 %, sedangkan di kelas kontrol nilai tertinggi adalah 89 %. Setelah penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt di kelas eksperimen, nilai persentase jawaban benar meningkat menjadi 100 %, sedangkan di kelas kontrol nilai persentase tertinggi masih 89 %. Hal inilah yang membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa Arab pada santri kelas VIII D (Kelas Eksperimen) setelah penggunaan pendekatan Hifz al-Mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.
Copyrights © 2022