Skripsi ini membahas tentang “Metode Teams Games Tournament Terhadap Efektivitas Belajar Bahasa Arab Kelas VII MTs Sultan Hasanuddin”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah pengajar dalam menerapkan metode Teams Game Tournament (TGT) dan mendeskripsikan partisipasi santri kelas VII MTs Sultan Hasanuddin dalam penerpan TGT serta untuk meninjau pengaruh metode TGT terhadap partisipasi belajar santri pada mata pelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan. Menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik tes. Peneliti menerapkan dua siklus dan analisis efektivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari mulai siklus pertama sampai kedua, kemampuan siswa dalam menguasai dan menghafal kosakata lewat metode ini meningkat. Siswa lebih mudah menyimpan kata-kata baru dan lewat penelitian ini guru-guru di pesantren Sultan Hasanuddin merasa terbuka wawasannya dalam hal variasi metode pembelajaran.
Copyrights © 2021