UNESA Journal of Chemical Education
Vol. 12 No. 1 (2023)

ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN GARAM MELALUI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Ardi, Dinda Melissa (Unknown)
Erviyenni, Erviyenni (Unknown)
Erna, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam melalui pembelajaran tatap muka terbatas tahun ajaran 2021/2022 di kelas XI MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data pada penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi nilai ulangan harian kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diolah secara deskriptif untuk menggambarkan proses pembelajaran kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Data kuantitatif berupa hasil ulangan harian peserta didik digunakan untuk menganalisis bagaimana ketuntasan belajar peserta didik baik secara individual, klasikal, maupun ketuntasan indikator. Hasil data proses pembelajaran yaitu persentase ketuntasan belajar individual peserta didik yang tuntas sebesar 55,2% dan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 44,8. Persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru sebesar 54,4%. Persentase indikator dengan ketuntasan tertinggi sebesar 88%, sedangkan indikator dengan ketuntasan terendah sebesar 40%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal-of-chemical-education

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Education Other

Description

UNESA Journal of Chemical Education is Online Journal for communicating and reviews covering all chemical education research which published articles in three times a year by Chemistry Department, Chemical Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of ...